News  
   
    Health
 
Apa Itu Kanker Kulit, Gejalanya dan Penyebabnya?
Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kankerpun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal, dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal.
 
 
Kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.

Secara umum, kanker kulit dibagi menjadi dua kelompok yaitu non-melanotik dan melanotik (melanoma). Non-melanotik terbagi menjadi basalioma (karsinoma sel basal) dan karsinoma sel skuamosa. Basalioma  paling sering terjadi tetapi pertumbuhannya lambat.

Biasanya tumor ini timbul di kulit muka (hidung, kelopak mata, kulit bibir dan dahi). Pertumbuhannya dimulai dengan nodul kecil dengan warna kelabu merah berkilat, kadang berwarna kehitam-hitaman karena adanya pigmen. Jenis kanker ini jarang melakukan metastatis.

Sedangkan karsinoma sel skuamosa dapat tumbuh dimana saja. Tetapi lebih banyak timbul di pipi, daun telinga, punggung, tangan dan kaki. Jenis kanker ini tumbuh progresif tetapi lambat, menginvasi pada jaringan di sekitarnya, dan dapat melakukan metastatis. Pertumbuhannya dimulai dari bentuk seperti kutil yang berkelompok, kemudian berbentuk tidak teratur, berbenjol-benjol dan mudah berdarah.

Kanker kulit jenis melanoma merupakan tumor paling ganas pada kulit yang berasal dari melanosit yaitu sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin. Biasanya terjadi pada leher, kaki, dan punggung. Gejala pertumbuhan melanoma dapat dilihat dari perubahan tahi lalat yang membesar dengan cepat, gatal, menjadi radang, perdarahan, serta terjadi perubahan warna dan tekstur.

Faktor Penyebab Kanker Kulit dan Pencegahan Kanker Kulit

Penyebab kanker kulit belum dapat diketahui secara pasti tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker kulit, antara lain: paparan sinar matahari yang berlebihan, bahan kimia yang bersifat karsinogen pada kulit, kulit kurang pigmen seperti albino dan tipe kulit putih halus dengan rambut pirang dan mata biru lebih tidak tahan pada sinar matahari, riwayat keluarga (turunan), radiasi ionisasi.

Beberapa langkah praktis bisa mencegah seseorang dari serangan kanker kulit. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengindari paparan sinar matahari secara langsung yang berlebihan (gunakan tabir surya, topi, payung), menghindari bahan kimia yang bersifat karsinogen pada kulit, dan hindari radiasi ionisasi seperti sinar X yang berlebihan.

Kualifikasi Gejala Kanker Kulit

Insiden kanker kulit yang terjadi biasanya terbagi tiga tipe yaitu basalioma, karsinoma dan melanoma.

  • kanker basaloma, umumnya terjadi pada kulit muka, yakni bagian hidung, dahi, kelopak mata dan kulit bibir. Gejala Kanker Kulit ini, ditandai ddengan munculnya nodul kecil berwarna merah kelabu dan berkilt. Ada kalanya tumbuh berwarna hitam, tergantung pigmen kulit. Jarang tejadi meastatis pada kanker ini.
  • Karsinoma, sel kanker ini dapat tubuh di mana saja. Kemungkinan banyak terjadi pada daerah daun telinga, punggung, pipi, tangan dan kaki. Sel ini lebih progresif menginfeksi jaringan sekitar dan dapat melakukan metastatis. Namun lambat pertumbuhnnya. Gejala kanker kulit ini kerap kali berawal dari pertumbuhan seperti kutil yang menjadi sekelompok kutil. Kemudian membentuk benjolan-benjolan tidak teratur dan gampang berdarah.
  • Melanoma adalah yang paling ganas pada kelompok kanker kulit ini. Sel ini berasal dari melanosit yang menghasilka pigmen melani. Hampir sering terjadi pada kaki, punggung dan permukaan leher. Jika ada benjolan seperti tahi lalat namun semakin membesar, menjadi cepat gatal dan kemudian semakin meradang dan terjadi pendaraan, segeralah memeriksakannya kepada tenaga medis untuk diagnosis lebih lanjut.

Pencegahan Gejala Kanker Kulit

Salah satu faktor yang disalahkan untuk terjadinya gejala kanker kulit ini adalah sinar matahari yang memancarkan sinar ultraviolet secara langsung. Untuk terapi pencegahan penyakit ini, dapat dilakukan berbagai upaya yaitu :

  1. Kurangi makanan yang mengandung zat kimia dan pengawet
  2. Hindari kontak langsung kulit dengan sinar matahari di atas jam 9.
  3. Konsumsi suplemen alami yang mengandung antioksi dan seperti terdapat pada manfaat wortel, manfaat anggur dan kacang-kacangan seperti manfaat kacang hijau.
  4. Memakan rebusan herbal yang mengandung banyak antioksidan.
 
     

 
 
History of Padang     
Padang Culiner     
Padang Tourism Objects