Respon Radio 93.0 FM : UMKM Tangguh Bangkitkan Ekonomi Nasional

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus mendapat banyak perhatian karena ketahanan mereka selama pandemi Covid-19 dan bahkan membantu menghidupkan kembali ekonomi yang runtuh. Pengembangan UMKM harus terus didukung oleh pemerintah dan pihak swasta. Hal ini yang dilakukan Respon Radio kali ini dengan mengadakan program inspiratif “Respon UMKM” di Frekuensi Radio 93.0 FM Padang Pariaman Jam 17.00-18.00 WIB.

Kesan cerita Respon UMKM adalah rencana inspiratif untuk membahas bisnis, kewirausahaan, bisnis online dan logistik. Cerita Respon UMKM menghadirkan tamu undangan khusus pada penampilan pertamanya, antara lain Romanus, Pemilik Usaha Kerupuk Merah “Cahayo Piaman” dan Fahmi, Pemilik Usaha Susu Kambing “Etawa” Cabang Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Romanus dan Fahmi menjelaskan, Pemerintah dan Swasta bisa mendukung berbagai cara bagi peserta UMKM untuk terus berkembang. Namun, dalam pandemi saat ini, tidak mungkin untuk melaksanakan rencana pengembangan UMKM dengan mengadakan konferensi, pameran dan kegiatan lain seperti biasa. Namun hal tersebut bukan menjadi kendala, karena usaha kecil dan menengah dapat terus berkembang melalui pemanfaatan teknologi di era digital.

Perlu dukungan penuh terhadap usaha dan produk asli Sumatera Barat. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antara pelaku usaha dan pemerintah untuk mempromosikan produk berkualitas di Sumatera Barat dan mengembangkan usaha kecil dan menengah.

Menurut data resmi pemerintah, banyak industri mengalami penurunan selama periode Covid-19, termasuk restoran, hotel, dan maskapai penerbangan. Namun beberapa sektor relatif stabil yaitu logistik, peternakan, perikanan dan pertanian. Sedangkan sektor yang berkembang adalah makanan, peralatan kesehatan pribadi, vitamin dan peralatan olahraga.

Penting adanya konsistensi untuk memberikan ruang bagi UMKM untuk terus berinovasi. Respon Radio turut peduli dengan UMKM, karena memang saat ini kita tidak bisa bergerak sendiri. Masalah yang selalu muncul bagi pelaku usaha sendiri adalah selalu berkaitan dengan permodalan, bahan baku, dan termasuk pemasaran.

Respon Radio mendukung pelaku UMKM untuk terus beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya dengan memastikan pemasaran dan penyaluran produk yang dikirim pelaku UMKM tetap dapat terlaksana secara optimal dan berkontribusi bagi operasional perekonomian.

Pelaku UMKM juga diajak untuk mengikuti instagram, twitter, dan Facebook Respon Radio di @responradioku atau @microblogumkm, dimana bisa menjadi platform e-commerce produk dengan menyediakan wadah bagi UMKM untuk memasarkan produknya.