Diseminasi Penggunaan Bahasa di Ruang Publik

Parit Malintang,.Respon Radio – Sebagai upaya meningkatkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Penggunaan Bahasa di Ruang Publik. Kegiatan ini bertempat di Aula Bapelitbangda Kawasan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Padang Pariaman – Parit Malintang, Rabu – Jumat (27 – 29/10/2021).

Mewakili Bupati Padang Pariaman, Asisten 1  Sekretqris Dqerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rudi Rahmad membuka kegiatan tersebut secara resmi. Rudi Rahmat dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Bahasa Indonesia merupakan identitas bangsa. Dengan demikian, sebagai warga negara Indonesia perlu merawatnya agar Bahasa Indonesia kian bermartabat di mata dunia.

“Melalui kegiatan Diseminasi ini diharapkan kepada kita semua terutama para peserta kiranya dapat memulai dan menjadi pelopor ditengah-tengah masyarakat. Apalagi peserta Diseminasi ini banyak dari kalangan wartawan, aparatur dan organisasi kemasyarakatan yang sangat aktif menggunakan bahasa, baik dalam menyampaikan berita, surat maupun berkomunikasi dengan masyarakat,”  ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Zahirman S Sos MM melaporkan, kerjasama ini merupakan untuk ketiga kalinya dan berlangsung selama tiga hari yang melibatkan 40 peserta yang berasal dari aparatur pemerintah, Kepolisian, organisasi masyarakat, wartawan, serta penyiar radio.

Zahirman berharap dengan adanya kegiatan Diseminasi Bahasa ini dapat meningkatkan penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah berbahasa.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumbar Aminulatif SE MPd mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan suatu rangkaian untuk memartabatkan bahasa. Dengan demikian dapat tercapai tujuan diseminasi bahasa ini yakni menumbuhkan kesadaran masyarakat atau lembaga dalam menggunakan Bahasa Indonesia.

Pada hari pertama  Aminulatif SE MPd langsung bertindak sebagai narasumber dengan materi Ejaan Bahasa Indonesia, Hari kedua, Diana MPd dengan materi Kalimat dan Paragraf, serta Wahyudi MHum pada hari ketiga dengan materi Bentuk dan Pilihan Kata. (PA)