Edukasi Respon UMKM di Respon Radio

Pandemi Covid-19 yang semakin tidak stabil menyebabkan banyak usaha mikro, kecil, dan menengah gulung tikar. Sebagian besar UMKM ini terpaksa tutup karena tidak ada pelanggan, dan biaya operasional harian lebih besar dari pendapatan harian. Situasi ini memaksa UMKM untuk mencari cara agar bisa bertahan dari pandemi Covid-19.

UMKM Smile drink

Berdasarkan fenomena tersebut, Respon Radio berinisiatif membantu usaha mikro, kecil, dan menengah bertahan dari pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan membagikan pemahaman kepada pelaku UMKM dengan memberikan edukasi singkat tentang tips dan teknik agar usahanya dapat bertahan dari pandemi Covid-19 melalui cerita inspiratif dari pelaku umkm lainnya di Respon UMKM.

Dengan kelangsungan usaha mikro, kecil, dan menengah, pemilik dan karyawannya tidak akan kehilangan sumber pendapatan dan kemiskinan akan terhapus. Selain itu, di masa pandemi ini, dengan adanya usaha mikro, kecil, dan menengah, kekuatan ekonomi masyarakat juga dapat terjaga, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat bertahan dengan baik.

Bentuk implementasi yang dilaksanakan untuk menjalankan program tersebut adalah mengedukasi masyarakat melalui pemanfaatan langsung media radio (https://www.responradio.com/our-program/) dan media sosial lainnya. Kegiatan Edukasi ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi berlangsung.

Kegiatan edukasi ini diawali dengan pengenalan rencana, dilanjutkan dengan diskusi singkat dengan para pemilik UMKM, dan terakhir memberikan penyuluhan kepada para pemilik UMKM agar dapat bertahan dari pandemi Covid-19.

Kegiatan ini diharapkan mendapat respon positif dari para pemilik UMKM di seluruh Indonesia, khususnya Sumatera Barat. Diharapkan melalui edukasi semacam ini, semakin banyak UMKM yang dapat bertahan dari pandemi Covid-19 dan berdampak pada keberlanjutan Tujuan Pembangunan Ekonomi di  Indonesia.